Wednesday, July 6, 2011

VEKTOR


Vektor adalah besaran yang memiliki besar /panjang dan arah .Vektor dihubungkan oleh titik-titik yang saling berhubungan.Pada setiap perubahan,waktu bergerak menuju sesuatu dengan arah yang jelas.Vektor berada dalam sebuah space(ruang)
Misalnya ada ruang dimana x,y,z yang saling tegak lurus (dalam diagram).

Ruang ini dibangun oleh vector i,j,k.Vektor i,j,k adalah vector basis yang besaran 1 unit .
Ruang vector mempunyai dimensi ,jadi apakah yang dimaksud dengan dimensi?Dimensi adalah jumlah maksimum dari basis dan jumlah maksimum dimensi adalah 5.Misalnya terdapat diagram kartesia dengan sumbu x,y,z.Pada sumbu x terdapat vector i,sumbu y terdapat vector j,sedangkan sumbu z terdapat vector k.VektorA(a1,a2,a3) didapat dari pertemuan titik antara a3 yang ditarik lurus horizontal dari sumbu z dan a1 yang ditarik garis lurus vertikal dari sumbu x. A=a1 i + a2 j + a3 k sehingga ini terdapat disebut ruang 3 dimensi .Pada contoh dimensi dalam kehidupan  dari dosen yaitu “Benarkan api itu panas? .Mungkin sebagian dari Anda akan menjawab api itu panas,ternyata tidak .Api itu tidak panas.Jadi apa yang buat rasa kita panas ketika menyentuh dengan api.Yaitu rambatannyalah yang menimbulkan rasa panas ketika menyentuhnya dengan kulit kita.Fovrier menjelaskan tentang rambatan.Api juga merupakan sesuatu yang diekspresikan di dalam dimensi yang berjumlah banyak,karena banyak sekali deskribsi-deskribsi tentang api.
   Di dalam Deret Fourier vector i,j,k akan digantikan fungsi cos,sinus dan sinus mpx/1. Jika i,j,k seperti pada gaya Lorenzt, lalu seperti apa dimensi dalam cos, sinus dan sinus mpx/l ?
   Api tidak bisa diaplikasikan atau digambarkan pada dimensi i,j,k , maka harus dipindahkan ke dimensi lain. Jika basisnya berbeda, maka dimensinya juga berbeda.  Dengan hal itu, maka Anda bisa membuat ruang sendiri asalkan masih mencakup hukum matematika.
    Di dalam relativitas, benda - benda akan bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka dimensinya akan melengkung, maka kita akan bisa bertemu dalam dimensi ke-4.

No comments:

Post a Comment